Home News Contact About
About Services Clients Contact

Membuat Adaptor 12v Menggunakan Travo

|


Kalian yang suka dengan dunia elektronik khususnya elektronik sound system pasti tidak asing lagi dengan namanya travo, pada kesempatan kali ini saya ingin membagi pengalaman saya pribadi dalam hal elektrotik. Ceritanya kemaren saya ingin membuat travo 2A agar bisa mengeluarkan tengangan 12V karena saya ingin menggunakan 12V ini untuk menyalakan kipas dan modul MP3.

Jujur saya hanya mempunyai pengalaman yang minim dalam hal elektro, tetapi dengan kemauan dan tekat yang kuat banget, akhirnya otak ini mendorong saya untuk belajar. Elektro memang sangat sulit sekali dipelajari tapi akan mudah juga belajar jika kita mempunyai niat. Baiklah kita sudahi dulu basa - basi nya, sekarang kita langsung pratek saja.

Bahan yang harus kamu siapkan adalah : 
  1. Travo 1A, 2A, 3A, 5A (Pilih sesuai kebutuhan) saya pakai yang 2A
  2. Dioda 4 buah (Gunakan dioda lebih tinggi atau sesuai travo yang kamu pakai) saya pakai dioda 3A
  3. 1 Elco gunakan 2200uf/25v
Cara merakitnya adalah :
  • Gabungkan 2 dioda pertama (sisi yang ada garis putih dengan garis putih).
  • Gabungkan 2 dioda kedua (sisi yang sisi hitam sisi hitam).
  • Sekarang gabungkan keduanya agar menjadi segi empat.
  • Ujung dioda yang ketemu garis hitam dan putih solder ke travo CT/0 dan satunya ke 12V (lihat gambar skema).
  • Sekarang ujung dioda yang garis putih ketemu garis putih (+) solder ke elco (+)
  • Dan ujung dioda yang garis hitam ketemu garis hitam solder ke elco (-)
Disini saya kasih skema sederhana agar beberapa dari kalian dapat mengerti.

CATATAN : JANGAN SAMPAI SALAH DALAM PEMASANGAN (+) DAN (-) PADA ELCO!!

Baiklah saya rasa sudah cukup saya menulis artikel cara membuat tegangan 12V menggunakan travo, jika artikel ini bisa membantu kamu jangan lupa untuk share ya. Dan jika kamu masih binggung jangan lupa tinggalkan komentar di bawah. Terima Kasih.

0 komentar: